Peringati Tahun Baru Islam, Sekda Dian Bersama Ratusan Warga Kuningan Menggelar Aksi Kemanusiaan dan Doa Bersama Untuk Palestina

Peringati Tahun Baru Islam, Sekda Dian Bersama Ratusan Warga Kuningan Menggelar Aksi Kemanusiaan dan Doa Bersama Untuk Palestina

Minggu, 14 Juli 2024

Sekda Dian Rachmat Yanuar dihadapan Ratusan Warga Kuningan dalam Aksi Kemanusiaan dan Doa Bersama Untuk Palestina


Benangmerah, Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1446 H, ratusan warga Kabupaten Kuningan berkumpul di halaman Masjid Syi’arul Islam mengikuti aksi kemanusiaan dan doa bersama untuk Palestina, berlangsung, Minggu (14/7/2024). Warga yang hadir turut membawa bendera dan spanduk sebagai bentuk dukungan.


Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, mewakili PJ Bupati Kuningan mengungkapkan, bahwa aksi ini diharapkan dapat membuka mata hati terhadap penderitaan yang sedang dialami saudara-saudara kita di Palestina, sehingga tergerak untuk mendoakan dan memberikan dukungan dalam bentuk apapun.


“Kami merasakan keprihatinan dan kesedihan mendalam atas apa yang dialami jutaan rakyat Palestina, tindakan Israel sebagai bentuk kekejam dan genosida yang merupakan kejahatan perang,” ungkapnya.


Sekda Dian turut menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas jatuhnya ribuan korban jiwa warga Palestina. “Kita serukan kepada seluruh umat Islam dan seluruh masyarakat untuk memanjatkan doa semoga kematian para korban dinilai sebagai syuhada memperoleh tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kemampuan untuk meneruskan perjuangan mewujudkan kemerdekaan,” ucapnya.


Sementara itu, Andi Budiman dari APIK Kuningan menegaskan pentingnya berpihak dan membela kemerdekaan Palestina sesuai amanat Pembukaan UUD 1945. “Kita harus bersama-sama berpihak dan melakukan pembelaan dalam kemerdekaan Palestina sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945 yang berbunyi bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan keadilan,” tegasnya.


Sementara itu, Ketua Baznas Kuningan KH. Yayan Sofyan mengatakan bahwa kegiatan aksi solidaritas untuk rakyat Palestina ini merupakan agenda rutin, namun untuk kali ini bersamaan dengan Tahun Baru Islam. Selain penggalangan dana, juga dilakukan doa bersama untuk keselamatan dan kebebasan rakyat Palestina dari penjajahan bangsa Israel.


“Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari berbagai lapisan masyarakat, alim ulama, pemerintah, pengurus masjid, komunitas, dan berbagi pihak lainnya, yang mendoakan kebebasan Palestina,” ungkap Yayan.


Yayan berharap, aksi kemanusiaan ini semoga dapat terus menggalang solidaritas dan dukungan bagi rakyat Palestina yang tengah berjuang untuk kemerdekaannya.