Perumda BPR Berikan CSR Cegah Karhutla di Desa Penyangga Gunung Ciremai

Perumda BPR Berikan CSR Cegah Karhutla di Desa Penyangga Gunung Ciremai

Selasa, 27 Agustus 2024
Penyerahan CSR Perumda BPR Kabupaten Kuningan di Halaman Setda


Benangmerah, Perusahaan Umum Daerah BPR Kabupaten Kuningan memberikan corporate social responsibility (CSR) terhadap upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada kelompok masyarakat di dua desa penyangga Gunung Ciremai. Penyerahan CSR secara simbolis dilakukan pada Senin (26/08/2024) bertempat di Lapangan Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan bersamaan dengan pelaksanaan apel pagi.


Penyerahan CSR dilakukan oleh Pj Sekda A. Taufik Rohman kepada KTH Ciremai Hijau Desa Cibuntu sebesar Rp. 35.000.000,- dan kelompok masyarakat Pujangga Manik Batuluhur Desa Padabeunghar sebesar Rp.55.000.000,- . CSR diperuntukan untuk pembuatan embung Karhutla. Turut menyaksikan Direktur BPR Perumda Kuningan, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Kepala Pelaksana BPBD Kuningan dan Camat Pasawahan.


"Ini menunjukkan kepedulian Perumda BPR Kuningan dalam penanggulangan Karhutla dan kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPR Kuningan," kata A. Taufik.


Lebih lanjut ia mengatakan, kebakaran hutan di areal TNGC terjadi hampir setiap tahun. Karenanya banyak upaya yang telah dilakukan dalam pencegahan Karhutla tersebut.


"Selain telah dilakukan pemeliharaan sekat bakar oleh seluruh aparatur Pemda Kuningan beberapa pekan lalu, kita juga akan membangun embung untuk memudahkan pengambilan air apabila terjadi kebakaran yang tidak diinginkan," katanya.


la meminta kepada seluruh stakeholder terkait agar selalu mengawasi dan ikut serta mencegah terjadinya kebakaran, apalagi yang bersifat non alam (tindakan manusia).


Terkait Pilkada Serentak 2024, mulai besok pendaftaran pasangan Bacabup dan Bacawabup Kuningan di KPU, ia mengingatkan agar seluruh ASN harus menjaga netralitas.


.(YS)